Jangan salah paham! ternyata begini jurusan ilmu perpustakaan

Bagi siswa kelas 12, proses penentuan jurusan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan mengingat jurusan yang akan dipilih diharapkan nantinya menjadikan siswa/i kelas 12 sukses di masa depan. Ratusan jurusan yang tersedia di berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan dibuka beberapa jurusan tiap tahunnya. Oleh karena itu, dalam rangka memfasilitasi siswa/i kelas 12 menambah wawasan terkait penjurusan kami dari lembaga MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program layanan SKS (MA EXCIS) membuat ulasan-ulasan terkait dengan jurusan-jurusan dengan prospek kerjanya, jalur-jalur masuk Perguruan Tinggi, serta berbagai jenis perguruan tinggi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang.

JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN

Jurusan llmu Perpustakaan menggunakan banyak keahlian di bidang Informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan mengolah informasi berbentuk cetak dan tak tercetak alias digital seperti arsip dan record.

Jurusan ini cocok untuk siswa/i MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program layanan SKS (MA EXCIS) yang menyukai penyimpanan data, berkomunikasi dengan manusia, berimprovisasi di lembaga informasi dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan. Jurusan ini akan mengajarkanmu mengenai etika kepustakaan serta melatih daya analisa untuk kemudian menjadikanmu pustakawan yang kompeten. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan pustakawan peneliti yang terampil dan memiliki daya saing dalam manajemen perpustakaan dan informasi, serta memiliki kompetensi khusus dalam pengelolaan sumber-sumber primer ilmu pengetahuan, beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih jurusan ini antara lain.

  1. Peluang Kerja Lebih Lebar. Tahukah kamu jika jurusan ilmu perpustakaan adalah jurusan yang kurang disukai oleh kebanyakan orang. Padahal peluang kerja lulusan jurusan ilmu perpustakaan terbuka lebar. Karena sedikit peminatnya, maka peluang kerja dan mendapatkan bergengsi di dunia perpustakaan pun juga semakin menjanjikan buat kamu.
  2. Memiliki Jenjang Karir. Ternyata tidak banyak orang yang tahu jika lulusan jurusan ilmu perpustakaan memiliki jenjang karir yang menjanjikan masa depan kamu. Jadi buat kamu yang bercita-cita ingin memiliki jabatan di dunia kerja dan bergengsi, maka menjadi pustakawan bisa kamu jadikan pilihan. Ingat, peluang ini masih terbuka lebar karena banyak orang yang minat.
  3. Memiliki keterampilan dalam Perencanaan. Adapun alasan kenapa kamu harus memilih jurusan ilmu perpustakaan, kamu tidak hanya akan mendapatkan gelar tetapi juga memiliki keterampilan dibidang perencanaan. Termasuk keterampilan dalam mengembangan sistem jasa informasi dan melakukan desain. Jadi, semisal kamu tidak ingin menjadi seorang pustakawan, kamu tetap bisa bekerja dibidang lain yang selaras. Mengingat sekarang banyak lapangan kerja yang mencari lulusan yang memiliki keterampilan perencanaan, pengembangan, desain dan sistem jasa informasi.
  4. Potensi Menjadi Peneliti. Buat kamu yang memiliki passion di bidang penelitian, nah jurusan ilmu perpustakaan juga dapat dijadikan pilihan jurusan. Pasalnya kamu tidak sekedar mempelajari tentang keterampilan yang sudah disebutkan di poin 3 di atas. Tetapi kamu juga memiliki kemampuan menganalisis dan kemampuan mencari informasi. DImana dua modal tersebut sangat dibutuhkan bagi seorang peneliti.
  5. Dipandang Orang Intelektual. Karena mengambil jurusan ilmu perpustakaan, maka memunculkan stereotip di dalam masyarakat bahwa kamu orang yang intelektual dan pintar. Karena kamu dianggap orang yang selalu bergumul dan berkecimpung di dunia perbukuan. Sehingga bisa membaca seperti perpustakaan berjalan. Meskipun hanya stereotip, setidaknya kamu dipandang lebih positif sebagai orang yang pintar

PERKULIAHAN

Kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan kamu akan mempelajari sistem informasi, database, multimedia, ilmu komputer, dan lain-lain. Di sini keterampilan teknologi informasi dan komputer akan sangat membantu. Karena kamu akan belajar membuat metadata secara langsung dan online. Selain itu, kamu juga akan mempelajari cara suatu instansi menyusun prosedur dan tata cara pengarsipan.

Selama masa perkuliahannya kamu akan dibekali dengan keterampilan mengelola, mengorganisasi berbagai sumber informasi, juga memberikan pelayanan prima. Kamu akan mempelajari mulai dari ilmu pengetahuan dasar seperti Pengantar Ilmu Perpustakaan, Komunikasi dalam Bidang Informasi, Pengantar Kearsipan, dan Manajemen Perpustakaan, hingga ilmu yang menjurus seperti Aspek Hukum dalam Informasi, Penerbitan Gratif dan Elektronik, dan Pengelolaan Perpustakaan Digital. Berikut beberapa mata kuliah yang akan dipelajari jika masuk ke jurusan ilmu perpustakaan

  1. Administrasi Arsip. Penting banget seorang pustakawan mempelajari tentang administrasi arsip. Oh iya, sebenarnya administrasi arsip tidak melulu diterapkan dalam dunia perpustakaan saja loh ternyata. Tetapi juga untuk penataan administrasi perkantoran pun juga bisa.
  2. Bibliografi. Wajib banget seorang calon pustakawan tahu tentang bibliografi itu apa. Sebenarnya selain ada istilah bibliografi ada juga istilah biografi. Nah, setidaknya dengan mempelajari tentang bibliografi akan memudahkan kamu dalam melakukan administrasi arsip perpustakaan.
  3. Pengkatalogan. Kamu pernah mendengar istilah pengkatalogan? Yap, di sini kamu akan belajar mengelompokan buku. Ternyata saat kita mendalami ilmu pengatalogan ada banyak ilmu baru yang belum banyak diketahui oleh orang pada umumnya.
  4. Manajemen Perpustakaan. Agar pustakawan tertarik, senang dan betah berlama-lama membaca buku di perpustakaan, tentu saja butuh triknya. Salah satunya adalah seni dalam memanajemen perpustakaan yang benar dan baik itu seperti apa. Nah, di mata kuliah manajemen perpustakaan inilah kamu akan tahu ilmunya secara mendalam.
  5. Manajemen Digital Library. Bisa dibilang, saat mengambil jurusan ilmu perpustakaan kamu akan mempelajari ilmu manajemen. Salah satunya manajemen digital library. Dimana ilmu ini tidak mungkin diajarkan di cabang ilmu lain seperti jurusan psikologi, matematika ataupun bahasa. 6. Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi Jurusan ilmu perpustakaan yang akan kamu pelajari lainnya adalah aplikasi teknologi pengelolaan informasi. Penting sekali nih mengelola informasi agar tetap terorganisasi, dan rapi. Sehingga ketika ada panggilan koleksi, akan mudah ditemukan. Sebenarnya di mata kuliah ini kamu juga akan mempelajari tentang teknologi komputerisasi dalam mengelola data-data yang akan diinput melalui komputer. Setidaknya di sini, kamu akan memperoleh ilmu baru tentang digital dan pengelolaan informasi yang tidak semua orang bisa mempelajarinya.

PROSPEK KERJA

Tidak dapat dipungkiri jika selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa lulusan jurusan ilmu perpustakaan tidak ada peluang kerja yang menjanjikan. Anggapan ini salah besar. Sebaliknya, justru prospek kerja lulusan jurusan ilmu perpustakaan ada banyak. Dari sekian banyak pilihan karir, berikut beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih dan relevan dengan lulusan jurusan ilmu perpustakaan.

1. PNS (Pegawai Negeri Sipil)
Orangtua selalu menginginkan anaknya memiliki pekerjaan yang mapan sampai tiba di akhir tua nanti. Salah satunya mendapatkan pesangon atau mendapatkan pensiunan. Tidak heran jika banyak orang yang menginginkan lulusan jurusan ilmu perpustakaan juga bisa menjadi seorang Pegawai negeri Sipil (PNS).

Tenang, karena sekarang lulusan jurusan perpustakaan sekalipun juga ada peluang PNS juga loh. Jadi buat kamu yang se”iya” sekata dengan harapan orangtua, tidak perlu khawatir lagi masalah prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan satu ini.

2. TU (Tata Usaha)
Prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan yang lain adalah bekerja menjadi bagian tata usaha (TU). Nah, kita tahu bahwa ada banyak sekali jenjang pendidikan yang membutuhkan tenaga TU. Mulai dari Taman Kanank-kanak (TK), SD, SMP, SMA/K/MA hingga Perguruan Tinggi (PT) pasti membutuhkan tenaga TU untuk mengorganisasi segala sesuatu di lembaga pendidikan itu sendiri.

Bahkan, TU tidak melulu untuk lembaga pendidikan saja loh. Tetapi instansi lain juga membutuhkan tenaga TU. Bahkan perusahaan sekalipun juga butuh TU, hanya saja beda istilah saja jika konteksnya untuk perusahaan.

3. Peneliti
Sudah disebutkan di alasan penting memilih jurusan ilmu perpustakaan, jika menjadi peneliti dapat dijadikan prospek kerja juga loh. Kita tahu bahwa di Indonesia jumlah dan minat menjadi peneliti masih sangat kecil.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu menjadi salah satu bagian dari market researcher atau peneliti untuk Indonesia lebih maju lagi.

4. Pustakawan
Prospek kerja menjadi pustakawan juga bisa kamu coba. Prospek menjadi pustakawan yang memiliki jenjang karir pun bisa kamu kejar. Mumpung profesi ini belum heboh, kamu bisa mempersiapkan mulai sekarang. Siapa tahu 10 tahun yang akan datang, lulusan jurusan ilmu perpustakaan menjadi bidikan bagi maba.

5. Data scientist (Ilmuwan)
Ilmuwan juga salah satu prospek kerja yang potensial. Bisa dibilang, tidak mudah menjadi seorang data scientist (Ilmuwan) loh. Butuh pengetahuan dan bakat. Tentu saja butuh yang nama nya ketekunan, kepandaian, kecerdasan. Siapa tahu kamu salah satu ilmuwan asal Indonesia yang mampu go internasional.

6. Penulis (Content Writer)
Lulusan jurusan ilmu perpustakaan ternyata juga cocok menjadi seorang penulis. Pasalnya lulusan ilmu perpustakaan banyak akses untuk mendapatkan ilmu-ilmu terupdate dari literasi yang ada. Kekayaan literasi inilah yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk menulis dan mengkritisi sesuatu.
Cocok buat siswa/i MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program layanan SKS (MA EXCIS) yang memang memiliki bakat di dunia tulis menulis. Itulah enam prospek kerja yang bisa kamu lirik. Nah, buat kamu yang memiliki bakat di bidang seni, ternyata lulusan jurusan ilmu perpustakaan juga bisa menjadi seorang kurator loh.

Bisa juga, mungkin kamu tertarik di bidang lain seperti Research and Development (RnD) dan System analyst (Analis Sistem) juga bisa menjadi pilihan kamu. Termasuk prospek di bidang Konsultan jasa dan informasi perpustakaan.

jika siswa/i MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program layanan SKS (MA EXCIS) tertarik untuk masuk ke jurusan ini, Banyak Universitas yang menyediakan jurusan ilmu perkuliahan antara lain sebagai berikut.

Universitas Padjajaran
Universitas Sebelas Maret
Universitas Brawijaya
Universitas Indonesia
Universitas Diponegoro
Universitas Airlangga
Universitas Sumatera Utara
Adapun universitas lain yang banyak kurang diketahui yang menyediakan jurusan ilmu perpustakaan yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Universitas Negeri malang
UIN Sunan Kalijaga
Universitas YARSI
Universitas Sam Ratulangi Universitas Negeri Padang
Universitas Terbuka (UT)
Universitas Sebelas Maret (UNS)
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Universitas Halu Oleo (UHO)
Universitas Islam negeri Imam Bonjol (UIN IB)
Universtias Islam Negeri Alauddin Makassar
Universitas Sumatera Utara (USU)
Universitas Bengkulu
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha
Universitas Cenderawasih (Uncen)
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
dan lainnya.

Sumber :
https://campus.quipper.com/majors/id-ilmu-perpustakaan

https://tirto.id/apa-menariknya-kuliah-di-prodi-ilmu-perpustakaan-ecUz