Jurusan Astronomi : Informasi lengkap, Perkuliahan, dan prospek kerjanya

Bagi siswa kelas 12, proses penentuan jurusan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan mengingat jurusan yang akan dipilih diharapkan nantinya menjadikan siswa/i kelas 12 sukses di masa depan. Ratusan jurusan yang tersedia di berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan dibuka beberapa jurusan tiap tahunnya. Oleh karena itu, dalam rangka memfasilitasi siswa/i kelas 12 menambah wawasan terkait penjurusan kami dari lembaga MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program layanan SKS (MA EXCIS) membuat ulasan-ulasan terkait dengan jurusan-jurusan dengan prospek kerjanya, jalur-jalur masuk Perguruan Tinggi, serta berbagai jenis perguruan tinggi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang.

ASTRONOMI

 

 

Astronomi merupakan salah satu jurusan atau program studi yang secara khusus mempelajari mengenai benda-benda langit. Ilmu yang dipelajari disini menggunakan ilmu dasar fisika.

Mahasiswa di jurusan ini nantinya akan menerapkan ilmu fisika terhadap objek di langit. Selain itu juga mempelajari secara mendetail mengenai struktur dan sifat fisik dari alam semesta beserta isinya. Jurusan ini sendiri dibagi menjadi tiga keahlian, yang pertama adalah tata surya yang fokus mempelajari tata surya seperti planet, bintang, dan sebagainya. Kedua, fisika bintang dan yang ketiga adalah kosmologi.

Astronomi bisa dikatakan sebagai cabang ilmu baru di bidang MIPA jika dibandingkan dengan matematika, fisika, dan lain sebagainya. Universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini baru ITB (Institut Teknologi Bandung). Bahkan ITB tercatat sebagai satu-satunya penyedia jurusan astronomi di Asia Tenggara.

MATA KULIAH JURUSAN ILMU ASTRONOMI

Di ITB jurusan astronomi disediakan tiga jenjang yakni S1, S2, dan juga S3. Ketika pertama kali masuk ke jurusan ini maka akan mengisi data Fakultas MIPA, baru setelah memasuki semester 2 nantinya mengisi jurusan astronomi.
Adapun mata kuliah yang didapatkan tidak jauh dari segala ilmu perbintangan, beberapa diantaranya adalah:

Ilmu MIPA
Mata kuliah pertama adalah ilmu MIPA dan meliputi matematika, fisika, dan lain sebagainya. Mata kuliah ini pada dasarnya akan mengulang materi yang sudah didapatkan di bangku SMA, agar mahasiswa lebih siap menyambut semester berikutnya.

Astrofisika
Mata kuliah berikutnya ada astrofisika yang mempelajari mengenai fisika alam semesta dan juga sifat fisik yang dimiliki. Seperti suhu , kepadatan, luminositas, dan sebagainya.

Tata Surya
Berikutnya ada mata kuliah tata surya dan sesuai namanya disini mempelajari mengenai isi alam semesta dan fenomena di dalamnya. Sehingga mempelajari mengenai planet, satelit, bintang, dan sebagainya.

Pengantar Kosmologi
Mahasiswa jurusan astronomi juga mendapat mata kuliah pengantar kosmologi. Mata kuliah ini mempelajari tentang sejarah alam semesta, yakni asal muasal terbentuknya alam semesta.

Sejarah Astronomi
Sesuai dengan namanya mata kuliah satu ini akan mempelajari mengenai sejarah dari astronomi. Termasuk juga mengenai penemuan dari segala hal di bidang astronomi, misalnya planet, satelit, dan lain sebagainya.

Beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan bagi siswa/i MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program layanan SKS (MA EXCIS) yang ingin masuk ke dalam jurusan ini antara lain

  1. Membuka Peluang Berkarir di Lembaga Penelitian
    Alasan pertama yang membuat jurusan astronomi menarik untuk dipilih saat kuliah adalah karena membuka kesempatan berkarir di lembaga penelitian. Sehingga kamu bisa menekuni profesi sebagai peneliti di sejumlah lembaga resmi. Ada banyak mata kuliah yang didapatkan selama masuk ke jurusan ini, dan menjadi bekal untuk menjadi seorang peneliti handal. Jad, jika selama ini tertarik untuk menjadi peneliti, silahkan masuk ke jurusan astronomi.
  2. Bisa Mengenal Kondisi Planet di Luar Bumi
    Di dunia planet ternyata sangat banyak, meskipun pluto sudah tidak masuk ke dalam jajaran planet lagi. Namun menjelajahi luar angkasa akan berpotensi menemukan planet baru dan bahkan ada kehidupan di dalamnya. Ingin mendapatkan pengalaman tersebut secara langsung? Maka kamu bisa masuk ke jurusan astronomi. Sebab disini kamu akan mempelajari planet dan segala isi tata surya, bahkan bisa menjadi seorang astronom yang keliling angkasa naik pesawat laur angkasa.
  3. Memberi Kesempatan Lanjut S2 di Luar Negeri
    Masuk ke jurusan astronomi juga membuka kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 atau magister di luar negeri. ITB sendiri sudah menyediakan jenjang pendidikan astronomi sampai S3. Namun tidak tertutup kemungkinan kamu melanjutkan pendidikan keluar negeri. Ada banyak negara di luar Asia Tenggara yang menyediakan jurusan astronomi dan memberi beasiswa sehingga bisa dipertimbangkan.
  4. Bisa Masuk ke NASA NASA atau National Aeronautic and Space Administration yang merupakan sebuah perusahaan yang rutin melakukan penelitian luar angkasa. Berbagai misi terbang keluar angkasa dan menemukan banyak hal baru dilakukan disini. Banyak lulusan astronomi yang menjadi astronom dan staf di NASA, sehingga kamu yang juga ingin masuk ke dalamnya perlu menjadi sarjana astronomi dulu. Oleh sebab itu tidak perlu ragu untuk masuk ke jurusan astronomi.
  5. Prospek Kerjanya Sangat Luas
    Jika kamu berpikir masuk jurusan astronomi hanya bisa menjadi astronom, maka kamu keliru. Sebab prospek kerja dari lulusannya sangat luas dna tidak hanya bisa berkecimpung di dunia antariksa saja. Selama masa perkuliahan kamu tetap mendapatkan berbagai ilmu umum seperti matematika, fisika, dan sebagainya. Sehingga membantu kamu untuk berkarir di berbagai bidang. Termasuk di perbankan, media massa, menjadi programmer, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  6. Termasuk Jurusan Minim Peminat
    Jurusan astronomi termasuk ke dalam jurusan yang langka dan sampai saat ini baru tersedia di ITB. Menariknya jurusan ini juga masih sepi peminat namun tergolong jurusan prestisius.
    Sebab masuk ke jurusan ini tidak mudah sekalipun persaingannya tidak ketat. Setelah lulus pun berkesempatan untuk menekuni profesi yang memberi rasa bangga.
    Oleh sebab itu jurusan astronomi sangat menarik untuk dipertimbangkan, karena bisa memberi kesempatan masuk ke jurusan langka yang belum banyak ditembus oleh orang lain.
    Masuk ke jurusan astronomi bisa dipertimbangkan untuk kamu yang masih bingung memilih jurusan. Sebab dengan berbagai alasan diatas maka daya tarik jurusan astronomi cukup tinggi. Apalagi untuk kamu yang memang punya minat untuk mengetahui seluk beluk luar angkasa atau penasaran dengan ada tidaknya alien di dunia ini.

PROSPEK KERJA JURUSAN ILMU ASTRONOMI

Khusus untuk siswa/i MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program layanan SKS (MA EXCIS) yang sejak kecil memiliki cita-cita menjadi seorang astronom, maka perlu mempersiapkan diri untuk masuk kuliah ke jurusan astronomi. Meskipun di Indonesia baru tersedia di ITB, namun kamu bisa masuk jurusan ini di universitas luar negeri.

Jika dilihat dari namanya, jurusan astronom dianggap sebagai jurusan spesifik dengan prospek kerja yang luas dan sudah pasti. Artinya jurusan ini dinilai tidak memungkinkan lulusannya untuk bekerja di bidang lain. Benarkah demikian?

Rupanya, jurusan astronomi bukanlah jurusan spesifik karena selama kuliah akan dibekali sejumlah ilmu bermanfaat di berbagai bidang. Hal ini memberi bekal untuk masuk ke bidang lain ketika ingin berkarir.
Pada akhirnya lulusan dari jurusan astronomi memiliki peluang karir atau prospek kerja yang luas. Berikut beberapa profesi yang bisa ditekuni:

  1.  Menjadi Dosen
    Jika selama kuliah kamu berpindah haluan dari menjadi astronom kemudian menjadi dosen. Maka kamu tidak perlu khawatir, sebab lulusan dari jurusan astronomi juga bisa menjadi dosen.
    Hanya saja untuk menekuni profesi mulia ini kamu terlebih dahulu harus melanjutkan kuliah, minimal ke jenjang S2. ITB sudah menyediakan jurusan astronom jenjang S2 sampai S3, sehingga kamu bisa melanjutkan kuliah di kampus yang sama.
    Menjadi dosen akan memberi pengalaman menarik karena bisa selalu berbagi ilmu mewat mengajar, penelitian, jurnal ilmiah, buku yang ditulis sesuai bidang ilmu, dan sebagainya. Sehingga selain mengandalkan gaji dosen juga bisa mengandalkan royalti atas buku-buku yang sudah diterbitkan.
  2. Bekerja di Lembaga Pemerintah
    Pilihan berikutnya setelah lulus dari jurusan astronomi adalah bekerja di lembaga pemerintahan, dan di beberapa bidang. Ada banyak BUMN dan lembaga pemerintah yang membutuhkan keahlian dari lulusan astronomi. Paling spesifik adalah di LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Selain itu, kamu juga bisa ke BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), bahkan juga masuk ke NASA.
  3. Masuk ke Lembaga Penelitian
    Setelah lulus kamu juga berpeluang bekerja di lembaga penelitian, terutama penelitian mengenai antariksa, planet, bintang, dan lain sebagainya. Masuk ke lembaga penelitian akan membuatmu akrab dengan teleskop dan peralatan antariksa sekaligus menerima gaji yang tinggi.
  4. Menjadi Analis Sistem
    Peluang karir juga datang dari perusahaan negara maupun swasta yang bergerak di bidang komunikasi dan juga pusat satelit. Yakni dengan mengisi posisi sebagai analis sistem.
  5. Menjadi Penulis
    Jika selama ini kamu memiliki kemampuan menulis yang baik maka setelah lulus dari jurusan astronomi bisa menjadi seorang penulis. Ada kesempatan besar untuk mengisi kolom artikel ilmiah di sejumlah media massa. Selain itu juga bisa menulis buku sendiri yang berhubungan dengan antariksa dan ilmu lain yang didapatkan selama kuliah. Buku yang berhasil diterbitkan dan laku terjual akan mendatangkan pendapatan, termasuk royalti yang cair setahun sekali.
  6. Pengusaha
    Lulus dari jurusan astronomi juga memberi peluang untuk menjadi pengusaha sukses, khususnya bisnis di bidang teknologi dan komunikasi. Lulusan jurusan ini juga sangat potensial menjadi pendiri startup yang dalam perjalanannya memanfaatkan teknologi dan program atau aplikasi komputer.
  7. Astronom Profesional
    Prospek kerja berikutnya tentu saja menjadi seorang astronom yang bertugas mengelola segala informasi yang dipancarkan oleh objek-objek astronomi. Yakni segala informasi yang diterima dari pancaran satelit, untuk kemudian diproses apakah perlu dilakukan tindakan lanjut atau sebaliknya.

Sumber :

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/astronomi-perkuliahan-dan-prospek-kerjanya